Sabtu, 01 Desember 2012

Cara Cepat Install Mac OS X di VMware (VMware Player version)


       Siapa yang tidak tahu tentang System Operasi yang satu ini? Yah udahlahm karna udah pada tahu, langsung saja kepokok pembicaraan eh.. pembahasan ... hehe
Mungkin begitu banyak dari kita yang ingin mencicipi seperti apa program yang ada dalam Mac OS X ini, namun sulit untuk mendapatkan dimana dan bagaimana cara menginstallnya, ya sebelumnya saya minta maaf, karna disini saya tidak membahas banyak bagaimana tentang istalasi System Operasi ini secara detil.
Dalam bagian pembahasan ini, Program atau software yang kita butuhkan tidak begitu banyak, hanya membutuhka :
- VMware (disini saya menyarankan untuk menggunakan Versi "VMware Player" atau jika kemampuan komputer anda bisa menjalakan versi "VMware workstation versi full atau lite" ya silakan, itu akan lebih baik)
- Mac OS X 10.5.5 VMware version kamu bisa mendapatkannya disini dengan gratis, namun dalam bentuk file μTorren

Untuk kamu yang belum tahu cara mempercepat download μTorren, silahkan masuk ke Mempercepat Download μTorrent (Hack μTorren)

Dan sebagai catatan untuk Kebutuhan Hardware:

Pastikan setelah kamu menginstal VMware, kamu memiliki minimal sumber daya perangkat keras untuk mengalokasikan untuk Mac OS.
- RAM - 1GB
- Hard Disk 15GB
- Processor - Alokasi otomatis.


Sekarang setelah kedua bahan tersebut selasai dan siap.. (download & install) ikuti langkah berikut (jika ada yang salah mohon diperbaiki :) )
- Sebelumnya silakan extract Mac OS X dalam bentuk .7z tersebut, dan kapasitasnya akan menjadi 7GB (kurang lebih) dan simpan pada Disk yang anda inginkan (misal : Disk C atau D)
- Buka program VMware dan klik Player > File > Open dan cari dimana kamu menyimpan hasil Extract tadi, atau seperti gambar berikut


- Selesai, kamu bisa menambah processors dari 1 menjadi 2, untuk meningkatkan kecepatan kerja, namun untuk laptop saya cukup dengan 1 saja.

- disini kamu tidak perlu merubah banyak opsi, mungkin jika ingin Mac OS X ini langsung terhubung keinternet, kamu bisa merubahnya seperti Gambar diatas dibagian "Network Adapter" dan pilih menu NAT
- jika sudah selesai, langsung klik "Play virtual machine"
- tunggu hingga hitungan selesai, dan jangan menekan apapun jika tidak ingin ke menu opsi (jangan terlalu dipermasalahkan untuk hal ini, jika terekan, kita tinggal tekan enter lagi) dan akan muncul tampilan berikut

Nah sekarang kamu tidak perlu lagi penasaran seperti apa sistem kerja Mac OS itu, karna kamu sudah bisa merasakannya sekarang,
OK semoga membantu dan bermanfaat ya :) .

UPDATE : 23 October 2016
Mau bahas sedikit, setelah saya coba menggunakan WMware di windows 10 selalu stuck di logo Apple
(dan masih belum nemu solusinya) ....
Jadi saya coba membuat virtual windows 7 dan instal VMware lg di windows tersebut, (karna dulu waktu tes ini pakai windows 7) dan ternyata work, #yeee
btw saya pakai versi VMware player yang ini nih "KLIK" , di windows virtual,
versi lama sih, tapi nggakpapa sekalian mengingat masa lalu #baper ,..
oya buat yg kemaren nanya password Mac Admin, passwordnya ya "password"
oke, mungkin lain waktu dilanjut lg.. soalnya belum sempat tes yg lain"
selamat mencoba ^-




Artikel Terkait:

18 komentar:

  1. apakah bisa di pc yang ram 2 gb,intel core i3 ??

    BalasHapus
  2. kenapa lama ya pas di tampila loading applenya??? apa memng seperti itu?

    BalasHapus
  3. iya gan bner tuh... knapa ya loading ditampilan awalnya lama bener?? blom jga masuk dari tadi loading trus.... emang kyak gitu atw emang gk bisa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba nanti ane review lagi gan.. ane coba pake laptop core 2 duo | ram 2gb/3gb dulu lanjay kok

      Hapus
  4. sebagai contoh sebutin napa bang laptop apa yang sudah teruji ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beserta spesifikasinya kalo bisa bang.. hehehe
      maklum newbie penasaran

      Hapus
    2. klo g salah, Acer travelmate 6292...
      dulu ane coba pake laptop itu.. laptop paling bersejarah bagi ane >.<

      Hapus
  5. wah ini artikel udah lama buanget hehe..
    maaf baru sempet bales
    pas nyobain ini, dulu ane pake notebook Acer travelmate, lupa serinya klo g salah seri 6292
    yang pasti itu laptop keluaran lama, mungkin tahun 2007 klo g salah
    - Proci Core 2 duo
    - ram 2GB/3GB
    udah di musiumkan soalnya hehe...
    coba nanti saya review pake laptop baru ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke2.. saya juga ingin coba melakukan pnginstalan namun saya sedikit khawatir dengan spesifikasi ram saya yang cuman 2 gb

      Hapus
  6. setelah saya coba kembali (download ulang) ternyata saya mendapat keluhan yang sama >.< stuk a.k.a loading terus di apple nya ... dan maaf krn saya belum menemukan solusinya ^_^

    BalasHapus
  7. ada yg tau cara ngatasin stuck logo apple doing.?

    lepi ane core i3 ram 6GB

    BalasHapus
  8. keren abisss thx infonya
    bintang limaaaa!!!

    BalasHapus
  9. Gan ane ga bisa instal google chrome ya di macnya cuma bisa download aja ga bisa instal not version katanya??

    BalasHapus

 
Copyright © 2015 | Simple Dimensions Design by Wandi Naozumi All Rights Reserved